-->

JIWA YANG TENANG

"Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan rela dan diridloiNya" (al ayat).

JIWA YANG TENANG, siapa dia ?

Tentu jawabanya adalah manusia (dan juga jin sebagai makhluk yang juga dibebankan agama pada dirinya). Manusia yang bagaimana ? Yang ahli ibadah ? Yang 'alim ? Bagaimana dengan kita-kita yang ukuran ibadahnya sangat jauh sekali ini ? Bagaimana juga dengan kita-kita yang tidak 'alim atau pandai soal agama ini ?

Jangan terlalu risau. Allah tidak membebankan sesuatu yang di luar kemampuan kita. Seberapa kita mampu asal ikhlas, itulah yang dinilai olehNya. Kembali ke masalah jiwa yang tenang, siapa dia ? Bisakah kita termasuk di dalamnya ?

Sebenarnya jawabannya adalah ada di hati kita masing-masing. Jika kita sudah mampu mengendalikan diri -yaitu nafsu dengan segala keinginan kita- bukan kita yang dikendalikan nafsu, maka ketika itulah kita sudah masuk ke wilayah jiwa yang tenang.

MAKNA KEMBALI KEPADA TUHAN

Kembali mempunyai beberapa makna yaitu :
-mati, namun bukan ini yang hendak kita bicarakan.
-menghubungkan diri atau mengembalikan diri kepada Allah. Ini poin yang penting yang harus kita hayati.

Ternyata dari ayat diatas, ketika kita mengembalikan diri kita seutuhnya kepadaNya maka bukanlah harta, ilmu maupun amalan yang diminta olehNya. Hanya rasa ikhlas, rela atau ridlo yang dipersyaratkanNya. Janganlah kita sampai menyombongkan diri dihadapanNya dengan merasa kita sudah banyak beramal dan berilmu.

RIDLO ATAU IKHLAS BERTUHANKAN ALLAH

Mari kita datang kepadaNya baik ketika sholat, berdoa, zikir hatta ketika kita tidur maupun ketika kita beraktifitas apapun dengan cara kita 'kembalikan' diri kita seutuhnya kepadaNya. Kita sadari bahwa 'rasa melihat' ini milikNya, kita kembalikan kepadaNya dengan mensukurinya. Begitu juga 'rasa-rasa' yang lainnya, rasa mendengar, mencium, rasa tau dan lain-lain. Aapun itu jangan samai kita akui sebagai milik kita sendiri.

Jika semua sudah kita kembalikan kepada Allah termasuk hidup kita maka kita tinggal mohon untuk dituntun olehNya dalam kehidupan ini. Biarkan kasihNya menuntun kehidupan kita. Biar kita pasrah sepasrah-pasrahnya. Sehingga apapun yang kita lakukan hanya ikhlas demi ridloNya.

Wassalam

Artikel Terkait

Last Updated 2018-04-12T18:45:14Z

KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

Ada : 1 comments:

avatar

On the downside, the precise placing of bets has become a bit sluggish in our expertise, usually spinning the wheel for upwards of 30 seconds even on smallish wagers, even on pre-game bets. The delay isn't a great consumer expertise and one we’d wish to see remedied as quickly as possible. It hardly ever lags or glitches and the general aesthetic of the app is just as regal as a brick-and-mortar Wynn Resort property. The cellular casino service provider has made it their mission to 점보카지노 develop high-quality content material.

Postingan Populer