-->

Sikap Ketika Roda Kehidupan Sedang Di Bawah

Sesuai prinsip atau rumus kehidupan yaitu apa yang kita percayai - apa yang menjadi prasangka kita - maka itu yang terjadi, maka hati-hati ketika merasakan roda kehidupan seakan - akan sedang ada di bawah. Jangan sampi kegalauan hati menimbulkan prasangka bahwa Allah 'sedang menguji kita' sehingga Dia berperilaku menjadi 'tidak bermurah lagi alias pelit' kepada kita. Sekali - kali jangan ada terbesit prasangka demikian. Bukan masalah apa - apa, hanya takutnya  jika sampai berprasangka demikian maka justru hal itu yang menjadi kenyataan yang kita rasakan terjadi dalam hidup kita. Ingat prinsip ilahiyah ini :"Aku Allah mengikuti prasangka hambaKu".

Karena itu justru ketika merasakan roda kehidupan ada di bawah, misalnya hasil pekerjaan kurang dari yang kita harapkan, keuangan mengalami penurunan pemasukan sedang kebutuhan meningkat atau sedang ada problem rumah tangga, maka selayaknya kita justru meningkatkan kesadaran diri yang jati bahwa saat itu Allah sedang mempersiapkan segala hal yang akan lebih baik lagi keadannya. Ingat prinsip roda, jika sudah terletak di bawah, pasti babak berikutnya roda itu akan menaik ke atas kembali. Itulah sunah (lumrah, kebiasaan) kehidupan.

Berpikir positif itu kuncinya. Sadarilah bahwa Yang Maha Kuasa senantiasa berlaku kasih dan sayang kepada kita. Jadikan hal itu bukan lagi hanya keyakinan semata, tetapi 'lihat dan saksikan sendiri' bahwa hal itu adalah fakta. Sekali lagi fakta dan faktual.. Dalam bahasa agama disebut bahwa keyakinan yang sudah menaik menjadi seakan - akan meyaksikan sendiri bahwa itu fakta, faktual, bukan lagi asumsi keyakinan semata, maka hal tersebut disebut keyakinan yang sudah 'ainul yaqin.

Justru ketika kehidupan kita lagi terasa ada di bawah, maka saksikan bahwa Dia Maha Menolong. Bahwa Dia Maha Mengabulkan harapan dan do'a. Bahwa Dia Maha Pemurah, Maha Pemberi rejeki tak terhingga. Dan jika kita sudah bisa bersaksi demikian maka pertolongan-Nya insya Allah sungguh dekat. Karena apa yang kita persaksikan - apa yang menjadi prasangka kita- itulah yang akan diijabah oleh-Nya. Amiin.

Artikel Terkait

Last Updated 2018-04-14T01:01:22Z

KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

Postingan Populer