PENULIS mengucapkan Selamat Datang serta Salam Sejahtera bagi pembaca sekalian yang budiman. Mari kita temukan solusi atas berbagai problem dalam kehidupan ini menuju hidup yang sukses, mulia, sehat, berkecukupan namun terhormat. Blog ini berisi pengalaman, pemikiran, perenungan / kontemplasi penulis sebagai hasil dari interaksi dengan para sahabat, para guru, para klien maupun hasil dari 'pembacaan' alam sebagai wujud 'ayat-ayatNya'. Semoga blog ini bermanfaat

TENTANG PENULIS

Foto Saya
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Penulis adalah Praktisi Pengobatan Herbal / Alternatif. Tinggal di rt 13/ rw o7,Sawo,Dukun,Gresik-61155. Data Diri Penulis secara lengkap bisa dilihat di Tentang Kami. Kontak penulis di no.hp: +6285850960090 atau via email ke: powerman.tiknan@gmail.com

Minggu, Januari 30, 2011

Tips Cara Mengolah Bekatul Menjadi Makanan Suplemen Kesehatan

Anda tahu bekatul kan ? Nggak tahu...sungguh terlalu !!! Ya, bekatul adalah limbah beras. Gabah yang digiling akan menghasilkan limbah berupa sekam dan bekatul. Ada yang menyebut dedak halus. Biasanya bekatul sekedar jadi pakan ternak, sapi, ayam, itik misalnya. Nah, kali ini jadikan pakan ternak itu makanan suplemen kesehatan yang murah meriah.

Saya telah lama mempraktekkan hal ini. Sebagai praktisi pengobatan alternatif saya menyarankan tiap pasien saya untuk mengkonsumsi bekatul. Hasilnya sungguh menggembirakan. Bekatul sangat bermanfaat untuk memulihkan kesehatan bagi orang yang habis operasi, habis sakit, untuk membantu kesembuhan penderita kencing manis dan masih banyak lagi manfaatnya.

Adapun cara pengolahannya yang sederhana sangatlah mudah. Bekatul bisa Anda buat menjadi panganan, jajan, biskuit, bubur dan sereal. Untuk pengolahan menjadi sereal ada dua macam yaitu sereal bekatul murni dan sereal campuran. Khusus untuk penyembuhan penyakit, terutama bagi Anda yang menderita kencing manis saya sarankan mengkonsumsi sereal bekatul murni.

Sedangakn sereal bekatul  yang ada di pasaran saat ini digolongkan menjadi lima jenis, yaitu:

1. Sereal tradisional, yaitu sereal yang dijual dipasaran dalam bentuk mentah dan yang telah diproses. Sereal dalam bentuk ini memerlukan pemasakan sebelum dikonsumsi dan umumnya disajikan selagi panas.

2. Sereal siap saji tradisional, yaitu sereal yang dijual dalam bentuk biji-bijian atau serbuk yang telah dimasak dan hanya memerlukan air mendidih untuk persiapannya.

3. Sereal siap santap (ready to eat breakfast cereal), yaitu produk sereal yang telah diolah dan direkayasa menurut jenis dan bentuknya yang siap dikonsumsi secara langsung.

4. Sereal siap santap campuran (ready to eat mix-cereal), yaitu produk sereal yang diolah bersama produk lain, seperti biji-bijian, kacangkacangan, dan atau buah kering.

5. Bermacam produk sereal sarapan lain yang tidak dapat dikatagorikan ke dalam keempat jenis di atas karena proses khusus dan atau kegunaan akhirnya. Contoh dari jenis ini adalah nugget sereal dan makanan bayi (weaning food).

Cara Pembuatan Bekatul dalam Bentuk Sereal

Salah satu upaya meningkatkan daya tarik masyarakat untuk memanfaatkan bekatul adalah dengan menyajikan bekatul dalam bentuk yang lebih dari biasanya seperti sereal. Proses pembuatan sereal bekatul instan secara garis besarnya ada dua macam yaitu sereal bekatul olahan campuran dan sereal bekatul murni.

Adapun cara pembuatan sereal bekatul campuran sebagai minuman yang nikmat rasanya demikian :
  •  1. Sediakan bahan dasar : bekatul, tepung maizena, tapioka, gula garam, vanila, coklat bubuk, susu bubuk
  • 2. Dipersiapkan alat : mixer, drumdrier, autoclave, baskom, pengaduk
  • 3. Telur, gula, garam dan vanila dikocok dan diaduk rata
  • 4. Dimasukkan tepung maizena dan tapioka yang telah diayak.
  • 5. Diaduk rata adonan, kemudian masukkan susu bubuk, coklat bubuk dan bekatul. Kemudian mixing dengan menggunakan mixer selama 30 menit.
  • 6. Dimasukkan adonan ke dalam autoclave, dikukus pada suhu 100-120’C selama 1-2 jam.
  • 7. Adonan dimasukkan ke dalam drum drier sedikit demi sedikit, maka akan terbentuk sereal bekatul dalam bentuk lembaran-lembaran kering.
  • 8. Diremahkan sereal bekatul tersebut dengan penggerusan manual kemudian campur dan aduk rata dengan susu bubuk.
  • 9. Sereal bekatul instan siap disajikan.
Adapun cara pembuatan sereal bekatul murni adalah demikian :

Sediakan serbuk bekatul secukupnya. Ayak sehingga diperoleh bekatul yang halus. Jemur dulu supaya kering. Kemudian goreng tanpa minyak seperti layaknya menggoreng kopi. Jika sudah masak ayak lagi sehingga betul-betul didapat sereal bekatul yang halus dan murni. Cara penyajiannya, seduh satu sendok makan penuh serbuk sereal bekatul ini dengan segelas air panas. Aduk - aduk. Jika sudah sejuk minumlah. Rasanya gurih agak sedikit kepahit-pahitan. Minumlah sehari dua kali padi dan sore hari.

Hanya saja perlu diingat bahwa sereal bekatul yang asli ini tidak bisa disimpan lebih dari enam bulan karena akan tengik. Bau tengik ini ditengarahi karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Adapun kandungan bekatul menurut hasil penelitian yang saya baca dari hasil karya ilmiah LOMBA KARYA TULIS NASIONAL BIDANG PERTANIAN yang berjudul “SEREAL BEKATUL SEBAGAI ALTERNATIF ADDED VALUE RESIDU PENGGILINGAN PADI” karya Okvina Nur Alvita, Esti Rohimah dan Sri Rahayu Mulyani dari INSTITUT PERTANIAN BOGOR ( bisa didownload di sini ) adalah demikian :

Komposisi bekatul (berdasarkan persen bobot) menurut Hammond (1998) berturut-turut ialah 11-13% air, 18-21% lemak kasar bekatul dan minyak, 14-16% protein kasar, 8-10% srat kasar, 9-12% abu dan 33-36% karbohidrat, Thiamin (B1), Riboflavin (B2), Kalsium, Magnesium, Phospor, dan Seng.

Diantara kandungan manfaat yang dapat diperoleh adalah :

1. Kalsium (Ca) bermanfaat dalam mengurangi insomnia, mendukung sistem saraf dan konstruksi otot, serta mengukur detak jantung dan mencegah penggumpalan darah.

2. Magnesium (Mg) berguna dalam mengaktifkan enzim : berperan dalam produksi energi, formasi protein dan replikasi sel, serta meningtkan kelarutan kalsium dalam enzim sehungga bisa mencegah terbentuknya batu ginjal, batu empedu dan batu saluran kemih.. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan gangguan mental, kelelahan, serta gangguan pada jantung, kondisi saraf dan konraksi otot.

3. Mangan (Mn) memiliki manfaat sebagai berikut :

 Berperan dalam beberap sistem enzim, terutama sistem enzim yang terlibat dalam pengontrolan gula darah, metabolisme energi dan hormon tiroid

 Berperan dalam enzim SOD (Super oxyde dismutase) sehingga sel tidak mudah rusak.

 Mencegah epilepsi, mengurangi resiko serangan jantung mendadak

 Berperan dalam fungsi otak.

4. Zat besi (Fe) memilik fungsi sebagai berikut :

 Berperan dalam molekul hemoglobin (sel-sel darah merah)

 Sebagai tramsportasi oksigen (O2) dari paru-paru ke jaringan dan transportasi O2 dari jaringan ke paru-paru

 Sangat diperlukan selama perkembangan janin, masa remaja, serta selama kehamilan dan menyusui. Kekurangan Fe pada masa ini akan menyebabkan anemia sehingga menurunkan daya konsentrasi dan fungsi kekebalan tubuh.

5. Kalium (K) bersama natrium berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi jantung. Fungsi kalium lainnya adalah sebagai pengantar pesan saraf ke otot, menurunkan tekanan darah, serta mengirimkan oksigen ke otak. Kekurangan kalium menyebabkan stres
fisik dan mental.

6. Seng (Zn) sangat penting untuk pertumbuhan sel, sintesis protein dan pemanfaatan vitamin A. Tidak seperti tembaga, seng kemungkinan tidak terdapat dalam kebanyakan diet.


Nb. :penulis bersedia membantu Anda yang membutuhkan bekatul ini dengan cara menyediakan bekatul dalam bentuk olahan sereal bekatul murni.

Sekian artikel ini kiranya bermanfaat. Salam, Tiknan Tasmaun

ARTIKEL TERKAIT :


5 comments:

Tarnoto mengatakan...

Artikel yang sangat bermanfaat. Silahkan mampir juga jika ada waktu ke lapak saya di http://tarnotounggasjaya.blogspot.com

Tarnoto mengatakan...

ikut nitip link ya ini TARNOTOUNGGASJAYA. Trims

Indoetnix mengatakan...

artikel yg bagus nih...
URL SUBMITER

alex eraglobal mengatakan...

ok...banget...infonya

Tukirman mengatakan...

terima kasih pak infonya.

RELATED POST

TERIMAKASIH

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kiranya Allah memberkati Anda.
Thanks for your visit and may God bless You