PENULIS mengucapkan Selamat Datang serta Salam Sejahtera bagi pembaca sekalian yang budiman. Mari kita temukan solusi atas berbagai problem dalam kehidupan ini menuju hidup yang sukses, mulia, sehat, berkecukupan namun terhormat. Blog ini berisi pengalaman, pemikiran, perenungan / kontemplasi penulis sebagai hasil dari interaksi dengan para sahabat, para guru, para klien maupun hasil dari 'pembacaan' alam sebagai wujud 'ayat-ayatNya'. Semoga blog ini bermanfaat

TENTANG PENULIS

Foto Saya
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Penulis adalah Praktisi Pengobatan Herbal / Alternatif. Tinggal di rt 13/ rw o7,Sawo,Dukun,Gresik-61155. Data Diri Penulis secara lengkap bisa dilihat di Tentang Kami. Kontak penulis di no.hp: +6285850960090 atau via email ke: powerman.tiknan@gmail.com

Sabtu, Januari 29, 2011

KELAPA HIJAU - Kasiat dan Cara Penggunaannya

Kelapa (Cocos nucifera.)

Sinonim : Coconut (Inggris), Cocotier (Perancis); Kelapa, Nyiur (Indonesia), Kambil, Kerambil, Klapa (Jawa);

Familia : Palmaceae

Uraian :
Kelapa banyak tumbuh di Indonesia. Diantara jenis kelapa dikenal kelapa hijau. Kelapa hijau dari muda sampaipun tua memang berwarna hijau ( kulit sabutbya) sedangkan batoknya berwarna kelabu keungu-unguan. Kelapa hijau dikenal sejak dahulu kala sebagai obat yang mujarab terhadap keracunan berbagai penyakit.


Kelapa (Cocos nucifera) termasuk jenis tanaman palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai 10 - 14 meter lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3 - 4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2 - 10 buah kelapa setiap tangkainya.

Komposisi :

Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kal per 100 gram; daging kelapa setengah tua mengandung kalori 180 kal per 100 gram dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram. Sedang nilai kalori rata-rata yang terdapat pada air kelapa berkisar 17 kalori per 100 gram. Air kelapa hijau, dibandingkan dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tanin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Kandungan zat kimia lain yang menonjol yaitu berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun. Komposisi kandungan zat kimia yang terdapat pada air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium atau potassium. Mineral yang terkandung pada air kelapa ialah zat besi, fosfor dan gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kadar air yang terdapat pada buah kelapa sejumlah 95,5 gram dari setiap 100 gram (sumber kepustakaanhttp://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=7)


Penyakit Yang Dapat Diobati :

Keracunan, panas dalam, sakit demam / panas, demam berdarah, influenza, kencing batu, sakit saat haid, cacing kremi, sakit gigi; ubanan, ketombe; sihir, kerasukan makhluk halus, sawanen (sakit karena terkejut, takut ataudepresi ).

Beberapa Cara Penggunaan :

1. Keracunan
 Airnya diminum sampai habis.

2. Sakit panas dalam
Buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa tersebut kemudian diminum pada siang hari.

3. Sakit panas / demam
Bahan: 1 gelas air kelapa muda dan 1 sendok madu; Cara membuat: kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai rata;
Cara menggunakan:
Untuk dewasa: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Untuk balita: 2 kali sehari, 1/2 cangkir the;

4. Demam berdarah
Bahan: 1 butir buah kelapa dan 1 butir jeruk nipis;
Cara membuat: buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian air jeruk nipis dimasukan ke dalam buah kelapa dan diaduk sampai merata;
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

5. Kencing batu
Bahan: sediakan buah kelapa hijau, telur ayam kampung mentah dan rebung bambu kuning.

Cara membuat: buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa tersebut kemudian minum. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore. 

Sedangkan rebung bambu kuning dicuci bersih, iris tipis-tipis kemudian jemur di terik matahari. Kemudian rebus dengan air. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

6. Mengurangi sakit waktu haid
Bahan: 1 gelas air kelapa hijau dan 1 potong gula aren;
Cara membuat: Kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai merata;
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore, selama 3 hari berturut-turut.

7. Influenza
Bahan: 1/4 butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari;
Cara membuat: buah kelapa dan kencur diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata, ditambah 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

8. Mengusir cacing kremi
Bahan: 1/4 butir buah kelapa dan 1 buah wortel;
Cara membuat: buah kelapa dan wortel diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur, ditambah 1 gelas air, diperas dan disaring;
Cara menggunakan: diminum malam hari menjelang tidur.

9. Sakit gigi berlubang
Bahan: tempurung (batok)
Cara membuat: tempurung kelapa dibakar dan minyak yang keluar di pinggir api diambil dengan kapas dan digulung sebesar lubang gigi;
Cara menggunakan : dimasukan ke dalam lubang gigi yang sakit.

10. Ubanan
Bahan: 1/2 butir buah kelapa hijau yang sudah tua dan air buah kelapa itu sendiri;
Cara membuat: buah kelapa diparut dan diperas dengan air kelapa itu sendiri untuk diambil santannya; kemudian air santan tersebut diberi garam secukupnya dan diaduk sampai merata, kemudian diembunkan semalam di luar rumah;
Cara menggunakan: Sebagian dari santan tersebut dipergunakan untuk mengurut bagian yang beruban dan dibiarkan 10 -15 menit, sebagian santan lagi dipergunakan untuk keramas secara teratur 3 hari sekali.

11. Ketombe
Bahan: 1/2 butir buah kelapa hijau  tua dan 1/4 buah nanas, 1 butir jeruk nipis, 1/2 gelas air kelapa itu sendiri;
Cara membuat: buah kelapa dan nenas diparut untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur sampai merata dan disaring;
Cara menggunakan: dipergunakan untuk keramas 5 hari sekali.

12. Kolera:

Sebuah kelapa hijau, dipotong bagian atas dan bawahnya. Lubangi atasnya. Panaskan di atas api hingga airnya mendidih selama 10 menit. Setelah dingin diminum airnya 2x sehari.

13. Rambut rontok:

Sebuah kelapa hijau muda, potong bagian bawah dan atasnya. Atasnya beri lubang. Beri garam sedikit. Embunkan di luar rumah semalaman. Gunakan airnya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan sore hari sesudah mandi.

14.Demam karena gigitan serangga:

Minum air kelapa hijau sebanyak-banyaknya.

15. Mengusir sihir atau kerasukan makhluk halus.
Sediakan kelapa hijau dan tiga butir jeruk nipis. Lubangi kelapa tersebut. Peras tiga butir jeruk nipis tersebut ke dalam kelapa. Masukkan energi positif kedalam kelapa itu. Bagi Anda yang muslim maka caranya cukup mudah. Bacakan al fatihah, ayat kursi,  surah al falaq dan an nas kedalam air kelapa tersebut. Minumkan air kelap tersebut kepada si sakit. 
Catatan : Air kelapa harus diminumkan langsung dari kelapanya, jangan dituang di gelas ataupun tempat lain.

16. Diambil minyaknya yang murni, dikenal sebagai MINYAK KELAPA HIJAU PERAWAN, yang sangat banyak manfaatnya, antara lain untuk penyembuhan kencing manis / diabetus militus, kolestrol, asam urat, dll


ARTIKEL TERKAIT :








Salam, Tiknan Tasmaun

0 comments:

RELATED POST

TERIMAKASIH

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kiranya Allah memberkati Anda.
Thanks for your visit and may God bless You