-->

MENGATASI PROBLEM KEPUTIHAN

Barusan saya mendapat pertanyaan dari seorang sahabat, demikian :

TANYA : 

Ass.wr.wb,
Apa kabar Pak Tiknan,,
Semoga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat amiiin...

Saya ingin berkonsultasi dgn bapak, bagaimana cara menyembuhkan keputihan? Banyak teman2 yg bertanya ttg masalah ini krn saat setelah melahirkan tidak perawatan, sehingga masalah keputihan selalu mengganggu.


JAWAB :

Wa'alaikum salam wr wb,
Kabar baik, semoga Anda sekeluarga juga demikian.

Keputihan banyak penyebabnya, antara lain jenis bakteri jahat, jamur dan kuman. Jika keputihan disebabkan oleh penyebab tersebut maka bisa disembuhkan.

Namun ada juga keputihan yang disebabkan oleh faktor hormnal. Dalam hal ini ada dua jenis, yaitu faktor hormonal akibat KB (pemakaian alat kontrasepsi yang tidak cocok/tidak diterima oleh tubuh) dan faktor hormonal yang bersifat bawaan tubuh, misalnya karena kecapekan, perubahan emosi yang drastis dll

Jika keputihan disebabkan faktor hormonal karena KB maka harus dicoba (lebih baik dikonsultasikan dengan petugas KB atau medis) diganti dengan methode KB lainnya. Atau maksimal dihentikan pemakaian KB tersebut. Biasanya efek hormonalnya, walau sudah berhenti dari KB, masih berefek sekitar dua tahunan.

Untuk keputihan karena faktor jamur, bakteri dan atau kuman maka harus dilakukan dua hal. Pertama adalah pengobatan, bisa dengan dicuci menggunakan campuran air rebusan daun sirih, biang kunyit dan air kapur (dari batu kapur, enjet :jawa) sedikit. Air formula tsb juga bisa diminum. Namun harus diingat bahwa pengobatan dengan formula tsb tidak boleh lebih dari satu minggu, karena bisa mengakibatkan efek kekeringan, iritasi dan ketidak seimbangan ph.

Pengalaman saya, pengobatan terbaik memang dengan ekstrak manjakani. Hasilnya maksimal, aman dan tidak ada efek samping sama sekali.Untuk info tentang ekstrak manjakani ini bisa dibaca di https://www.kembaliperawan.info/2010/01/solusi-supaya-menjadi-perawan-kembali.html
Satu hal lagi adalah perawatan jika sudah sembuh. Dalam hal ini yang terpenting adalah perawatan dan penjagaan kebersihan.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Artikel Terkait

Last Updated 2018-04-14T05:13:51Z

KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

Ada : 1 comments:

Postingan Populer