-->

PELATIHAN BATIK TULIS DI SAWO, DUKUN, GRESIK

PNPM MANDIRI Desa Sawo, Dukun, Gresik pada awal Desember 2013 mengadakan pelatihan membuat batik tulis. Pelatihan ini dilatih langsung oleh Pakar Batik Tulis Sendang, yaitu Bp Harsono dari Desa Sendang Duwur, Paciran, Lamongan (Hp 085655458121).

Pelatihan ini diikuti oleh anak- anak muda dengan dukungan penuh Bapak Yudi Harianto selaku Kades Sawo, Dukun, Gresik dan Ibu Evi Susanti selaku Ibu Kades / Ketua Penggerak PKK. Digawangi oleh pengurus PNPM Mandiri Sdr Maslikhan dan M. Yani beserta kawan-kawan.

Dalam wawancara dengan para pengurus dan Bp Harsono, kelak akan dimunculkan ragam batik dengan corak tersendiri, yang mungkin (ancer-ancernya) dinamai Batik Tulis Sawonggaling atau Batik Tulis Galing atau bisa dengan nama lain yang mencerminkan sejarah dan sosial budaya desa.

Berikut foto-foto yang bisa kami tampilkan :





Penulis mengusulkan kepada Bapak Suharsono, untuk kedepannya selain menghasilkan desain corak dan ragam tersendiri, juga diusahakan menghasilkan karya batik dengan penggunaan pewarna alami. Bahkan hendaknya juga diusahakan hasil karya batik eksklusif yaitu karya batik dengan corak ragam khusus dengan bahan pewarna alami pada media kain sutera (tentu sutera yang 30 %) sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.

Jika ada pengusaha yang berminat silahkan menghubungi penulis untuk mengembangkan potensi batik tulis sebagai karya anak bangsa ini.

Salam, Tiknan Tasmaun

Artikel Terkait

Last Updated 2019-01-28T07:05:40Z

KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

Ada : 1 comments:

avatar

luar biasa Untuk Sawo.
tapi klu bisa kita buat pelatihan yg lain,yg bisa menjadikan SDM desa sawo bisa berkembang,seperti seminar dll....
agar para penduduk desa tidak banyak pengangguran,dan beserta para pemuda seharusnya kita libatkan.

Postingan Populer