PENULIS mengucapkan Selamat Datang serta Salam Sejahtera bagi pembaca sekalian yang budiman. Mari kita temukan solusi atas berbagai problem dalam kehidupan ini menuju hidup yang sukses, mulia, sehat, berkecukupan namun terhormat. Blog ini berisi pengalaman, pemikiran, perenungan / kontemplasi penulis sebagai hasil dari interaksi dengan para sahabat, para guru, para klien maupun hasil dari 'pembacaan' alam sebagai wujud 'ayat-ayatNya'. Semoga blog ini bermanfaat

Jumat, Mei 12, 2017

MAWAS DIRI : Sikap Terbaik Ketika Susah

Kehidupan ibarat roda berputar, kata pepatah. Ada kalanya di atas, ada kalanya di bawah. Ketika kita bergembira, banyak-banyaklah berterimakasih kepada Allah. Karena hanya sebab kemurahan-Nya semata maka Anda bisa bahagia. Bagaimana jika lagi susah ?


Susahpun banyak macamnya. Ada yang mengalami kesusahan karena sesuatu yang memang pantas untuk merasa susah, namun juga ada yang merasa susah karena memang 'salah' sudut pandangnya terhadap problem yang dihadapinya. Apapun itu, maka sikap mawas diri-lah yang terbaik. Mawas diri adalah menghitung diri sendiri, kelemahan, kesalahan, kesombongan diri, dan masih banyak lagi.

Ketika berdoa kepada Allah, cobalah berdoa dengan doa mawas diri, misalnya dengan doa yang isinya kurang lebih demikian : " Ya Allah, tiada Tuhan  selain Engkau, Engkau Maha Benar, apapun takdir-Mu selalu benar, keadaan susah ini adalah akibat ulah-salahku sendiri."

Ketika kita mawas diri kemudian tahu batasan diri sendiri maka kesedihan atas sesuatu itu akan diambil dari dada ita. Karena sesungguhnya kesusahan adalah 'rasa' yang ada dalam jiwa kita akibat cara pandang kita dalam menyikapi masalah yang menimpa. Terakhir, apapun yang terjadi janganlah kita berprasangka buruk terhadap Allah. Tetap berprasangka baik kepada-Nya, bahwa apapun yang terjadi Dia sangat sayang kepada kita dan pasti menolong kita selagi kita membuka diri terhadap-Nya. 

0 comments: