-->

MAWAS DIRI : Sikap Terbaik Ketika Susah

Kehidupan ibarat roda berputar, kata pepatah. Ada kalanya di atas, ada kalanya di bawah. Ketika kita bergembira, banyak-banyaklah berterimakasih kepada Allah. Karena hanya sebab kemurahan-Nya semata maka Anda bisa bahagia. Bagaimana sikap terbaik waktu susah ? Mawas diri jawabannya.

Susahpun banyak macamnya. Ada yang mengalami kesusahan karena sesuatu yang memang pantas untuk merasa susah, namun juga ada yang merasa susah karena memang 'salah' sudut pandangnya terhadap problem yang dihadapinya. Apapun itu, maka sikap mawas diri-lah yang terbaik. Mawas diri adalah menghitung diri sendiri, kelemahan, kesalahan, kesombongan diri, dan masih banyak lagi.

Ketika berdoa kepada Allah, cobalah berdoa dengan doa mawas diri, misalnya dengan doa yang isinya kurang lebih demikian : " Ya Allah, tiada Tuhan  selain Engkau, Engkau Maha Benar, apapun takdir-Mu selalu benar, keadaan susah ini adalah akibat ulah-salahku sendiri."

Ketika kita mawas diri kemudian tahu batasan diri sendiri maka kesedihan atas sesuatu itu akan diambil dari dada ita. Karena sesungguhnya kesusahan adalah 'rasa' yang ada dalam jiwa kita akibat cara pandang kita dalam menyikapi masalah yang menimpa. Terakhir, apapun yang terjadi janganlah kita berprasangka buruk terhadap Allah. Tetap berprasangka baik kepada-Nya, bahwa apapun yang terjadi Dia sangat sayang kepada kita dan pasti menolong kita selagi kita membuka diri terhadap-Nya.

Salam, Tiknan Tasmaun

Artikel Terkait

Last Updated 2018-04-13T03:51:01Z

KOMEN DENGAN FORMAT BLOGGER :

Postingan Populer