PENULIS mengucapkan Selamat Datang serta Salam Sejahtera bagi pembaca sekalian yang budiman. Mari kita temukan solusi atas berbagai problem dalam kehidupan ini menuju hidup yang sukses, mulia, sehat, berkecukupan namun terhormat. Blog ini berisi pengalaman, pemikiran, perenungan / kontemplasi penulis sebagai hasil dari interaksi dengan para sahabat, para guru, para klien maupun hasil dari 'pembacaan' alam sebagai wujud 'ayat-ayatNya'. Semoga blog ini bermanfaat

TENTANG PENULIS

Foto saya
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Penulis adalah Praktisi Pengobatan Herbal / Alternatif. Tinggal di rt 13/ rw o7,Sawo,Dukun,Gresik-61155. Data Diri Penulis secara lengkap bisa dilihat di Tentang Kami. Kontak penulis di no.hp: +6285850960090 atau via email ke: powerman.tiknan@gmail.com

Kamis, Mei 30, 2013

PEMIMPIN YANG BAIK, BERKAH BUAT WARGA

Ada empat pilar yang harus terpenuhi dalam suatu komunitas jika komunitas tersebut ingin hidup sejahtera. Komunitas disini bisa mulai lingkup terkecil yaitu kampung atau desa hingga negara. 

Empat pilar tersebut adalah adanya ahli ilmu cerdik pandai ('ulama) yang ikhlas mengamalkan ilmunya. Mereka diperlukan untuk menjadi suluh atau obor dalam kehidupan. Yang kedua adalah adanya pemimpin yang baik atau adil. Ketiga adalah adanya orang kaya yang dermawan. Yang terakhir adalah adanya orang fakir miskin yang mau berdoa untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satu pilar yang sangat penting adalah keharusan untuk memilih pemimpin yang baik, pandai, amanah, jujur dan adil. Seperti kita ketahui bahwa hari-hari ini adalah musim berbagai pilihan pemimpin. Mulai maraknya PILKADES (pilihan kepala desa), pilihan bupati, pilihan gubernur, dan tahun depan pemilu legislatif dan pilpres.

Justru yang amat krusial adalah pemilihan kepala desa, karena bersentuhan langsung dengan warga desa dalam kepentingannya sehari-hari. Karena itu, pilihlah calon kepala desa yang sekiranya mampu melayani keperluan warga, baik administrasi surat menyurat maupun pelayanan lainnya.

Janganlah memilih calon pemimpin yang selalu minta dilayani bahkan didewakan. Cukup untuk urausan surat menyurat dan lain sebagainya dilayani di Kantor Desa / Balai Desa. Jangan memilih calon kepala desa yang serba minta warga harus 'munduk-munduk' sowan kerumahnya. Kepala desa bukanlah raja kecil di desa, dia adalah pelayan warga desa.

Pilhlah calon pemimpin yang dermawan. Namun bukan dermawan dadakan alias dermawan karena ada maunya. Pilih calon kades yang asli dermawannya. Suka menolong anak yatim piatu. Suka membatu warga miskin. Suka menyekolahkan anak orang kurang mampu.

Satu hal lagi yang juga amat penting. Pilihlah pemimpin yang bermoral dan berakhlak baik.

1 comments:

UNDEGROUND Paper mengatakan...

Artikelnya bagusss...
Pemimpin memiliki peran yang sangat vital dalam organisasi. keberlangsungan hidup sebuah organisasi tergantung dari visi misi pemimpinnya.
Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai kepemimpinan dalam organisasi
Klik --> Makalah Peran Kepemimpinan dalam Kinerja Martha Tilaar

RELATED POST

TERIMAKASIH

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kiranya Allah memberkati Anda